Suatu Pekerjaan Dapat Diselesaikan Selama 16 Hari Oleh 7 Orang

Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 7 orang dalam waktu 16 hari. Namun, bagaimana jika terdapat perubahan dalam jumlah pekerja yang terlibat dalam pekerjaan tersebut? Apakah hal ini akan memengaruhi lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut?

Pertanyaan di atas adalah sesuatu yang sering muncul dalam situasi di mana terdapat perubahan dalam tim kerja. Misalnya, jika beberapa pekerja harus ditarik untuk tugas lain atau terjadi penambahan anggota tim, maka bagaimana dampaknya terhadap waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan?

Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara menghitung lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan jika terdapat perubahan dalam jumlah pekerja yang terlibat. Kami akan menggunakan contoh kasus di atas untuk menjelaskan metode yang digunakan dalam menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Jawaban: suatu pekerjaan dapat diselesaikan selama 16 hari oleh 7 orang

Pertanyaan: Suatu pekerjaan dapat diselesaikan selama 16 hari oleh 7 orang. Jika 3 pekerja ditugaskan ke pekerjaan lain, lama waktu yang bisa diselesaikan oleh pekerja yang tersisa adalah?

Jawaban:
– Jawaban dari soal di atas adalah 28 hari.
– Soal tersebut merupakan soal perbandingan berbalik nilai.
– Diketahui bahwa 7 pekerja bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dalam 16 hari.
– Jika 3 pekerja ditugaskan ke pekerjaan lain, maka yang tersisa hanya 4 pekerja.
– Dicari berapa lama waktu yang diperlukan oleh 4 pekerja yang tersisa untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
– Maka, digunakan persamaan perbandingan: 7/4 = x/16.
– Setelah dihitung, diperoleh jawaban bahwa waktu yang dibutuhkan oleh 4 pekerja adalah 28 hari.

Penjelasan:

Suatu pekerjaan dapat diselesaikan … ┬ádalam soal ini merupakan soal Bab perbandingan

Perbandingan ada 2 macam, yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai

ALSO READ:  Bunyi Vokal Akhir Pada Baris Puisi Disebut

Perbandingan senilai adalah perbandingan dari dua atau lebih besaran dimana suatu variabel bertambah , maka variabel yang lain bertambah pula atau disebut juga dengan perbandingan yang memiliki nilai yang sama.

Perbandingan berbalik nilai adalah perbandingan dua besaran bila salah satu besaran nilainya semakin besar maka nilai besaran yang lain akan semakin kecil dan sebaliknya.

Pembahasan

Dalam soal ini merupakan soal berbalik nilai

Diketahui:

7 pekerja, selesai 16 hari

3 pekerja ditugaskan di tempat lain

Ditanya:

lama waktu yang bisa diselesaikan oleh pekerja yang tersisa adalah?

Jawab:

djaka.id|

4x = 7.16

4x = 112

x = 112 : 4

x = 28

Jadi waktu yang dibutuhkan oleh 4 pekerja adalah 28 hari

Pelajari Lebih lanjut

Soal Perbandingan dapat disimak juga di

Detail Jawaban

Kelas : 7

Mapel : Matematika

Kategori : Perbandingan dan aritmatika sosial

Kode : 7.2.5

Kata Kunci : Perbandingan, Perbandingan senilai, Perbandingan berbalik nilai

Konsep Perbandingan dalam Matematika

Perbandingan adalah salah satu konsep dasar dalam matematika yang digunakan untuk membandingkan dua atau lebih jumlah atau ukuran. Dalam konsep perbandingan, terdapat tiga elemen penting yaitu jumlah/ukuran pertama, jumlah/ukuran kedua, dan rasio antara kedua jumlah/ukuran tersebut.

Dalam soal di atas, digunakan konsep perbandingan untuk mencari berapa lama waktu yang diperlukan oleh 4 pekerja yang tersisa untuk menyelesaikan pekerjaan setelah 3 pekerja lainnya ditarik. Persamaan perbandingan yang digunakan adalah 7/4 = x/16, di mana x adalah lama waktu yang dibutuhkan oleh 4 pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan.

Dalam pemecahan masalah menggunakan konsep perbandingan, perlu diperhatikan bahwa perbandingan dapat berbalik nilai seperti pada soal di atas. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan urutan dari jumlah/ukuran yang dibandingkan dan memastikan bahwa rasio antara kedua jumlah/ukuran tersebut tetap sama.

ALSO READ:  Angka 1 Sampai 100 Dalam Bahasa Inggris Lengkap

Dengan memahami konsep perbandingan dalam matematika, kita dapat melakukan perhitungan yang lebih efektif dan efisien dalam memecahkan berbagai masalah matematika, termasuk dalam kehidupan sehari-hari.

Pengaruh Jumlah Pekerja terhadap Waktu Pengerjaan

Penyelesaian suatu pekerjaan sangat dipengaruhi oleh jumlah pekerja yang terlibat dalam pengerjaannya. Hal ini terbukti dalam soal di atas, di mana jika 7 orang pekerja dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dalam 16 hari, maka jika hanya 4 orang yang tersisa setelah 3 orang pekerja ditugaskan ke pekerjaan lain, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut meningkat menjadi 28 hari.

Dalam kasus lain, jika jumlah pekerja yang terlibat lebih banyak dari 7 orang, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan bisa lebih sedikit. Namun, hal ini juga tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan.

Oleh karena itu, dalam mengatur jumlah pekerja yang terlibat dalam suatu proyek atau pekerjaan, perlu dilakukan perhitungan yang matang agar waktu pengerjaan bisa efisien dan sesuai target yang diinginkan. Jika terlalu sedikit pekerja yang terlibat, maka waktu pengerjaan bisa terlalu lama, namun jika terlalu banyak, biaya yang dikeluarkan juga bisa menjadi lebih besar.

Strategi Menghitung Waktu Pengerjaan dengan Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan berbalik nilai adalah salah satu strategi yang digunakan untuk menghitung waktu pengerjaan suatu pekerjaan. Dalam perbandingan berbalik nilai, jika jumlah pekerja yang bekerja pada suatu pekerjaan berkurang, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut akan bertambah.

Contohnya adalah pada soal di atas, di mana diketahui bahwa 7 pekerja bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu 16 hari. Namun, jika 3 pekerja ditugaskan ke pekerjaan lain, maka hanya ada 4 pekerja yang tersisa untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Maka, digunakan persamaan perbandingan: 7/4 = x/16 untuk mencari waktu yang dibutuhkan oleh 4 pekerja.

ALSO READ:  Berikut Ini Bukan Merupakan Teknik Dalam Lari Jarak Pendek Adalah

Dalam strategi perbandingan berbalik nilai, perhatikan bahwa semakin banyak pekerja yang bekerja pada suatu pekerjaan, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut akan semakin singkat. Sebaliknya, jika jumlah pekerja berkurang, maka waktu yang dibutuhkan akan semakin lama.

Dengan menggunakan strategi perbandingan berbalik nilai, kita dapat menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat. Namun, perlu diingat bahwa strategi ini hanya berlaku jika pekerjaan tersebut memiliki tingkat kesulitan dan kompleksitas yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *