Berikut Ini Ciri-Ciri Teks Eksplanasi Kecuali

Artikel ini akan membahas tentang ciri-ciri teks eksplanasi. Teks eksplanasi merupakan jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan suatu fenomena atau kejadian. Namun, apa saja ciri-ciri yang membedakan teks eksplanasi dengan jenis teks lainnya?

Pada umumnya, teks eksplanasi memiliki struktur yang terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Selain itu, teks eksplanasi memiliki sifat informatif dan faktual. Namun, apakah ada ciri-ciri lain yang dapat membedakan teks eksplanasi dengan jenis teks lainnya? Mari kita simak bersama-sama dalam artikel ini.

Jawaban: berikut ini ciri-ciri teks eksplanasi kecuali

Pertanyaan: Berikut merupakan ciri-ciri teks eksplanasi,
kecuali ….
a. struktur terdiri dari pernyataan umum,
deretan penjelas, interpretasi
b. berusaha untuk memengaruhi pembaca
agar percaya terhadap hal yang dibahas
c. sifatnya informatif
d. faktual
acalah kutinan teks berikut untuk menjawab

Jawaban:
Berikut adalah ciri-ciri dari teks eksplanasi:
– Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelasan, dan interpretasi.
– Sifatnya informatif dan faktual.
– Menggunakan kaidah kebahasaan seperti membahas peristiwa yang bersifat umum, menggunakan kata penghubung waktu dan kausalitas, serta menggunakan kalimat pasif.
– Tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca agar percaya terhadap hal yang dibahas.

Penjelasan:

Berikut merupakan ciri-ciri teks eksplanasi,  kecuali berusaha untuk memengaruhi pembaca. Teks eksplanasi adalah teks yang berisi proses terjadinya suatu peristiwa alam, sosial, budaya dan ilmu pengetahuan. Langkah-langkah menyusun teks eksplanasi adalah menentukan topok, membuat kerangka karangan, mengumpulkan referensi, mengembangkan kerangka karangan dan menyunting teks.

Penjelasan

Kaidah kebahasaan teks eksplanasi adalah :

  1. Membahasan tentang peristiwa yang bersifat umum, seperti banjir dan tsunami
  2. Menggunakan kata penghubungan waktu dan kausalitas
  3. Menggunakan kalimat pasif
ALSO READ:  Jawaban Jembatan Pertama Yang Terdata Dalam Sejarah Dibuat Di

Pelajari lebih lanjut materi tentang ciri-ciri teks eksplanasi pada brainly.co.id/tugas/8235721

Contoh Teks Eksplanasi yang Baik dan Benar

Salah satu contoh teks eksplanasi yang baik dan benar adalah teks yang menjelaskan tentang proses fotosintesis pada tumbuhan. Teks eksplanasi ini memuat ciri-ciri teks eksplanasi seperti struktur terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelasan, dan interpretasi.

Pada awal teks, dijelaskan bahwa fotosintesis merupakan proses penting bagi tumbuhan untuk menghasilkan makanan. Selanjutnya, dijelaskan secara rinci tentang tahapan-tahapan dalam proses fotosintesis, mulai dari penyerapan energi matahari hingga terbentuknya glukosa sebagai hasil akhir.

Teks eksplanasi ini juga sifatnya informatif dan faktual, mengikuti kaidah kebahasaan dengan membahas peristiwa yang bersifat umum, menggunakan kata penghubung waktu dan kausalitas, serta menggunakan kalimat pasif.

Namun, teks eksplanasi ini tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca agar percaya terhadap hal yang dibahas. Sebaliknya, teks ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses fotosintesis pada tumbuhan.

Dengan demikian, teks eksplanasi seperti ini dapat menjadi contoh bagi penulisan teks eksplanasi yang baik dan benar dengan memenuhi ciri-ciri yang ada.

Perbedaan Teks Eksplanasi dengan Teks Lainnya

Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan teks lainnya seperti teks deskripsi, teks narasi, dan teks argumentasi. Selain dari segi struktur dan sifat informatif yang telah disebutkan sebelumnya, teks eksplanasi juga memiliki perbedaan dalam tujuannya.

Teks deskripsi bertujuan untuk memberikan gambaran atau deskripsi tentang suatu objek, tempat, atau orang. Sedangkan teks narasi bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian dalam waktu tertentu. Teks argumentasi bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar mempercayai atau mengambil tindakan tertentu.

Sedangkan, teks eksplanasi tidak memiliki tujuan untuk memengaruhi pembaca. Tujuan teks eksplanasi adalah untuk memberikan penjelasan yang jelas dan faktual tentang suatu fenomena atau peristiwa. Teks eksplanasi juga memiliki kaidah kebahasaan yang khas, seperti penggunaan kata penghubung waktu dan kausalitas serta kalimat pasif.

ALSO READ:  Dalam Lagu Ambilkan Bulan,Bu Tempo Yg Di Gunakan Adalah, Kecuali

Dalam teks eksplanasi, penulis harus menjelaskan secara rinci dan terperinci tentang suatu fenomena atau peristiwa sehingga pembaca dapat memahaminya dengan jelas. Perbedaan tersebut membuat teks eksplanasi menjadi sangat penting dalam berbagai bidang, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan.

Cara Membuat Teks Eksplanasi yang Menarik dan Mudah Dipahami

Teks eksplanasi merupakan sebuah jenis teks yang bertujuan untuk memberikan penjelasan yang faktual dan informatif mengenai suatu peristiwa atau fenomena. Namun, bagaimana cara membuat teks eksplanasi yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca?

Pertama-tama, sebaiknya kita memilih topik yang menarik dan relevan dengan pembaca. Pastikan bahwa topik yang dipilih memang menjadi perhatian masyarakat atau memiliki kaitan erat dengan kehidupan sehari-hari.

Kedua, struktur teks eksplanasi haruslah terstruktur dengan baik. Gunakanlah struktur yang terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelasan, dan interpretasi. Pada tiap bagian, gunakanlah kata penghubung yang tepat untuk menghubungkan antara satu informasi dengan informasi lainnya.

Ketiga, gunakanlah bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan jargon atau istilah teknis yang sulit dipahami oleh pembaca yang tidak memiliki latar belakang yang sama. Gunakanlah contoh atau ilustrasi yang relevan untuk membantu pembaca memahami informasi yang disampaikan.

Terakhir, gunakanlah kalimat aktif untuk menjelaskan suatu peristiwa atau fenomena. Hal ini akan membuat pembaca lebih mudah memahami makna dari informasi yang disampaikan.

Dengan menerapkan cara di atas, diharapkan teks eksplanasi yang dibuat dapat menarik perhatian pembaca dan mudah dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *