1+1 Berapa

Apakah Anda pernah merasa kebingungan saat melakukan operasi matematika sederhana seperti pengurangan? Mungkin Anda termasuk dalam banyak orang yang mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan seperti “Berapa hasil dari -1-1?”.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan sebuah jawaban yang jelas dan ringkas terkait pertanyaan di atas. Kami akan menjelaskan langkah demi langkah bagaimana cara menghitung hasil dari pengurangan dua bilangan negatif tersebut. Dengan begitu, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep operasi matematika dasar ini.

Jawaban: 1+1 berapa

Pertanyaan: Berapa hasil dari – 1-1 =

Jawaban:
Jawaban untuk -1 – 1 dengan garis bilangan adalah -2. Langkah-langkahnya adalah:
– Mulai dari titik 0, melangkah ke kiri sebanyak 1 kali karena bilangannya negatif.
– Melangkah ke kiri lagi sebanyak 1 kali karena operasinya pengurangan dan tidak ada tanda negatif setelahnya, sehingga tetap melangkah ke kiri.
– Hasilnya adalah -2.

Penjelasan:

Bilangan adalah sebuah konsep dalam bidang matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran.

Bilangan bulat adalah himpunan bilangan yang mencakup bilangan cacah, bilangan asli, bilangan nol, bilangan satu, bilangan prima, bilangan komposit dan bilangan negatif.

Contoh bilangan bulat yaitu 0, 2, -3, -18, dan 35.

Garis bilangan adalah suatu garis lurus yang setiap titiknya menggambarkan suatu bilangan.

Garis bilangan dapat digunakan untuk mengoperasikan bilangan bulat. Contohnya :

-3 + (-2)

Pertama, dari titik 0 melangkah sebanyak 3 kali ke sebelah kiri (karena bilangan itu negatif atau -3), kemudian melangkah ke kiri lagi sebanyak 2 kali (karena meskipun operasinya penjumlahan yang harusnya melangkah ke kanan, tetapi ada tanda negatif, sehingga melangkah ke arah yang berlawanan). Hasilnya -5.

ALSO READ:  Mustahil Rasul Bersifat Kitman Kebalikan Sifat Kitman Adalah

Pembahasan

-1 – 1, dengan garis bilangan

Pertama, dari titik 0 melangkah 1 kali (karena bilangannya negatif), kemudian melangkah ke kiri lagi sebanyak 1 kali (karena operasinya pengurangan dan tidak ada tanda negatif setelahnya, sehingga tetap melangkah ke kiri). Hasilnya -2.

Jadi, -1 – 1 = -2.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang Garis Bilangan (brainly.co.id/tugas/9117547)
  2. Materi tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat (brainly.co.id/tugas/6751771)

Detail jawaban

Kelas : 7 / VII

Mapel : Matematika

Bab : Bilangan

Kode : 7.2.2

Kata kunci : garis bilangan, bilangan bulat

Langkah-langkah Pengurangan Bilangan Negatif

Pengurangan bilangan negatif mungkin terdengar sedikit rumit, namun sebenarnya cukup mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat. Dalam contoh di atas, pertanyaan adalah “Berapa hasil dari -1 -1?”.

Langkah pertama adalah mulai dari titik 0 pada garis bilangan. Kedua, melangkah ke kiri sebanyak 1 kali karena bilangannya negatif. Kemudian, melangkah ke kiri lagi sebanyak 1 kali karena operasinya pengurangan dan tidak ada tanda negatif setelahnya, sehingga tetap melangkah ke kiri.

Hasil dari pengurangan bilangan negatif tersebut adalah -2. Oleh karena itu, jawaban untuk pertanyaan di atas adalah -2.

Hal yang perlu diingat saat melakukan pengurangan bilangan negatif adalah selalu mulai dari titik 0 pada garis bilangan dan pastikan untuk mengikuti aturan operasi bilangan yang benar. Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, pengurangan bilangan negatif dapat dilakukan dengan mudah dan akurat.

Cara Menghitung Hasil Operasi Matematika dengan Garis Bilangan

Garis bilangan atau number line adalah alat yang digunakan untuk memvisualisasikan angka pada suatu skala. Garis bilangan dapat digunakan untuk menghitung hasil operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Salah satu contoh penggunaan garis bilangan adalah pada operasi matematika -1 – 1 seperti yang ditanyakan pada pertanyaan sebelumnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

ALSO READ:  Tentukan Hasil Dari Operasi Berikut Ini

1. Mulai dari titik 0 pada garis bilangan.
2. Karena angka pertama (-1) negatif, maka melangkah ke kiri sebanyak 1 kali.
3. Karena operasinya pengurangan dan tidak ada tanda negatif setelahnya, maka tetap melangkah ke kiri sebanyak 1 kali lagi.
4. Hasil dari operasi -1 – 1 adalah -2, yang terletak pada titik pada garis bilangan setelah melangkah ke kiri sebanyak 2 kali.

Dengan menggunakan garis bilangan, penghitungan hasil operasi matematika dapat lebih mudah dipahami dan divisualisasikan. Selain itu, penggunaan garis bilangan juga dapat membantu dalam memahami konsep bilangan negatif dan positif pada matematika.

Pentingnya Memahami Konsep Bilangan Negatif dalam Matematika

Konsep bilangan negatif merupakan salah satu konsep dasar dalam matematika yang seringkali menjadi kendala dalam pemahaman siswa. Padahal, pemahaman yang baik tentang konsep bilangan negatif sangatlah penting dalam pemecahan masalah matematika, terutama dalam menghitung bilangan di sekitar nol atau dalam penerapan konsep matematika pada dunia nyata, seperti dalam ilmu fisika dan ekonomi.

Dalam contoh soal di atas, 1-1 menghasilkan bilangan negatif -2. Hal ini terjadi karena kita mengurangi bilangan positif 1 dengan bilangan positif 1, sehingga hasilnya negatif. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang bilangan negatif dapat membantu kita dalam menghindari kesalahan atau kebingungan dalam menghitung.

Selain itu, konsep bilangan negatif juga penting dalam mengajarkan konsep koordinat pada garis bilangan dan penggunaan koordinat dalam grafik. Dengan pemahaman yang baik tentang bilangan negatif, kita dapat dengan mudah memahami posisi suatu titik pada koordinat dan melakukan operasi matematika pada koordinat tersebut.

Oleh karena itu, sebagai siswa atau pembelajar matematika, sangatlah penting untuk memahami konsep bilangan negatif dengan baik. Dengan memahami konsep ini, kita dapat dengan mudah dan efektif mengaplikasikan konsep matematika pada kehidupan sehari-hari serta dalam bidang-bidang ilmu yang lebih kompleks.

ALSO READ:  Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *