Tuliskan Lima Contoh Angka Pecahan Yang Berpenyebut Sama

Dalam matematika, pecahan merupakan salah satu topik yang penting dan sering kali diajarkan di sekolah dasar. Salah satu konsep penting dalam pecahan adalah penyebut, yang merupakan angka yang menunjukkan jumlah bagian yang sama dalam keseluruhan. Oleh karena itu, dalam mencari kelipatan pecahan, penyebut yang sama sangat penting.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lima contoh angka pecahan yang memiliki penyebut sama. Dengan memperhatikan contoh-contoh ini, diharapkan pembaca dapat lebih memahami konsep penyebut dan penggunaannya dalam menjumlahkan atau mengurangkan pecahan. Simak selengkapnya untuk mengetahui contoh-contoh angka pecahan yang berpenyebut sama.

Jawaban: tuliskan lima contoh angka pecahan yang berpenyebut sama


Pertanyaan: 125. Tuliskan lima contoh angkapecahan yang berpenyebut sama!‚Äč

– 2/2
– 5/5
– 3/3
– 7/7
– 4/4

Kelima contoh angka pecahan di atas memiliki penyebut yang sama.

Pengertian Pecahan dan Penyebut Pecahan

Pecahan adalah bilangan yang terdiri dari bagian-bagian yang sama besar yang dinyatakan sebagai pecahan. Pecahan terdiri dari dua bagian, yaitu penyebut dan pembilang. Penyebut adalah jumlah bagian-bagian yang sama besar yang menjadi satuan dari pecahan, sedangkan pembilang adalah jumlah bagian yang diambil dari pecahan tersebut. Contohnya, pecahan 2/5 memiliki penyebut 5 dan pembilang 2.

Penyebut pada pecahan sangat penting karena menentukan ukuran satuan dari pecahan tersebut. Jika penyebut semakin besar, maka satuan pecahan menjadi semakin kecil. Sebaliknya, jika penyebut semakin kecil, maka satuan pecahan menjadi semakin besar. Oleh karena itu, dalam matematika, kita sering mencari pecahan dengan penyebut yang sama agar dapat membandingkan atau menjumlahkan pecahan tersebut dengan mudah.

Dalam contoh yang diberikan di atas, kelima contoh angka pecahan memiliki penyebut yang sama, yaitu 5. Hal ini memudahkan kita untuk membandingkan atau menjumlahkan pecahan tersebut karena satuan dari pecahan tersebut sama besar. Dengan memahami pengertian pecahan dan penyebut pecahan, kita dapat memahami konsep pecahan dengan lebih baik dan dapat mengaplikasikannya dalam berbagai masalah matematika.

ALSO READ:  Google Translate

Cara Menyederhanakan Pecahan dengan Penyebut Sama

Pecahan dengan penyebut sama adalah pecahan yang memiliki angka penyebut yang sama. Dalam contoh soal di atas, kelima contoh angka pecahan memiliki penyebut yang sama yakni 5.

Untuk menyederhanakan pecahan dengan penyebut sama, kita hanya perlu memperhatikan angka pembilang dari setiap pecahan. Jika angka pembilang dan penyebut dapat dibagi dengan bilangan yang sama, maka pecahan tersebut dapat disederhanakan.

Sebagai contoh, jika kita ingin menyederhanakan pecahan 4/4, maka kita bisa membagi angka pembilang dan penyebut dengan bilangan 4. Hasilnya adalah 1/1, yang artinya 4/4 dapat disederhanakan menjadi 1/1.

Dalam contoh soal di atas, kelima contoh angka pecahan sudah dalam bentuk paling sederhana karena angka pembilang dan penyebut tidak dapat dibagi dengan bilangan yang sama. Oleh karena itu, kita tidak perlu melakukan penyederhanaan pada kelima contoh angka pecahan tersebut.

Namun, jika terdapat pecahan dengan penyebut yang sama namun belum dalam bentuk paling sederhana, kita dapat menggunakan cara ini untuk menyederhanakannya.

Contoh Soal Latihan Pecahan dengan Penyebut Sama

Dalam matematika, pecahan merupakan bagian dari bilangan yang dinyatakan dalam bentuk pembagian. Pecahan terdiri dari pembilang dan penyebut, dimana penyebut menunjukkan pembagian yang dilakukan pada pembilang.

Salah satu jenis pecahan adalah pecahan dengan penyebut sama. Pecahan dengan penyebut sama artinya semua pecahan tersebut memiliki penyebut yang sama. Contoh dari pecahan dengan penyebut sama adalah 2/5, 3/5, dan 4/5.

Berikut ini adalah beberapa contoh soal latihan pecahan dengan penyebut sama:

1. Tuliskan lima contoh angka pecahan dengan penyebut sama!
Jawaban: 2/2, 5/5, 3/3, 7/7, dan 4/4.

2. Jika ada 8/10 kelereng merah dan 6/10 kelereng biru, berapa jumlah kelereng keseluruhan dengan penyebut sama?
Jawaban: Kedua pecahan tersebut dapat disederhanakan dengan pembagi terbesar 2, sehingga menjadi 4/5 kelereng merah dan 3/5 kelereng biru. Jumlah kelereng keseluruhan menjadi 7/5.

ALSO READ:  Berikut Ini Yang Bukan Contoh Hak Warga Negara Indonesia Adalah

3. Jika seorang siswa membagi 12 kue menjadi 6 orang teman dengan penyebut sama, berapa banyak kue yang akan diterima setiap teman?
Jawaban: Pecahan yang harus digunakan dalam soal ini adalah 12/6. Pecahan tersebut dapat disederhanakan dengan pembagi terbesar 6, sehingga setiap teman akan menerima 2/1 atau 2 kue.

Dengan memahami konsep dan melakukan latihan soal, diharapkan siswa dapat lebih memahami dan menguasai materi pecahan dengan penyebut sama dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *